Jenis Jasa yang Banyak Dibutuhkan, Peluang Bisnis Online, Menjual Produk Rights, Sell Your Own Services, Outsourcing Marketplace,

Desain Grafis dan Percetakan

Macam - Macam Peluang Bisnis Online Yang Bisa Dikerjakan Paro Waktu atau Full Time



Menjual Produk Rights/Hak


Ini adalah model yang unik dalam bisnis internet. Produk informasi yang dijual di internet, misalnya e-book, Software, video, atau audio, pada umumnya mencantumkan tulisan “Personal Use” atau “Digunakan Sendiri”. Makudnya, hanya Anda yang boleh menggunakan produk itu dan tidak boleh men-share-nya kepada orang lain. Selain itu, ada jenis rights/hak lain yang juga populer, yaitu:
  1. Resell Rights. Bila pada produk yang Anda beli tercantum resell rights, itu berarti Anda punya hak untuk menjualnya kembali kepada end user dan Anda menerima utuh uang yang telah dibayarkan. Aneh dan baru dengar? Hal ini sangat umum dalam bisnis informasi di internet.
  2. Master Resell Rights. Ini mirip dengan resell rights. Bedanya, kalau resell rights tidak mengizinkan end user yang membeli dari Anda untuk menjual kembali, master resell rights memberi hak kepada customer Anda untuk menjual kembali produk dengan kompensasi 100 persen untuk dirinya. Inilah yang sekarang lebih populer. Sebagai catatan, Anda sama sekali tidak boleh mengganti atau mengedit produk yang mencantumkan kedua jenis rights ini. Anda harus menjual produk tersebut sebagaimana adanya. Jika Anda tidak punya atau merasa sulit membuat produk sendiri, menjual produk dengan resell rights atau master resell rights bisa menjadi salah satu solusi. Dan kompensasi 100 persen yang diberikan membuat banyak orang tergiur sehingga mereka sering kali harus berkompetisi dengan sangat ketat dalam menjual produk semacam ini.
Menjual produk hasil kemasan ulang atas produk dengan PLR. Produk dengan PLR (private label rights) boleh Anda edit atau ubah semau Anda. Bahkan Anda boleh mencantumkan nama Anda sebagai pemilik produk. Luar biasa; bukan? Produk dengan PLR pun mencakup berbagai topik. Marketer yang sukses menjalankan model bisnis ini biasa mengedit atau mengubah nama produk, gambar produk, tampilan di website, atau apa pun sehingga produk itu menjadi unik dan sama sekali tidak terlihat berasal dari produk dengan PLR. Inilah cara yang cerdas dan sederhana dalam menghasilkan produk baru tanpa harus membuatnya dari awal.

Sell Your Own Services

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, internet adalah media yang sangat efektif dalam menjual keahlian, keterampilan, dan pengalaman Anda. Meskipun tinggal di kota kecildi India, Slovakia (Eropa Timur), Rusia, Pakistan, Indonesia, atau negara berkembang lainnya, orang-orang kreatif dan andal dalam mendesain atau membuat program sekarang bisa punya banyak klien di negara-negara yang sangat maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Kanada, dan lainnya. Jadi, apa pun keahlian atau ketrampi-lanAnda, ada orang di dunia iniyang membutuhkan dan siap membayarnya.

Outsourcing Marketplace

Sebelum menjelaskan jasa, keahlian, atau keterampilan yang saat ini populer dan banyak dibutuhkan di internet, kami akan menyebutkan dulu beberapa website yang populer sebagai marketplace atau tempat transaksi antara pihak penyedia jasa dan pihak yang membutuhkan jasa atau yang melakukan outsourcing. Outsourcing marketplace ini sebenarnya adalah perantara bagi kedua belah pihak tersebut. Mereka berusaha menjadi ’’wasit” agar terjadi hubungan yang win-win antara kedua belah pihak. Mereka sudah menyediakan mekanisme agar penyedia jasa akan selalu dibayar dan pembeli jasa menerima hasil sesuai dengan yang diminta. Dengan melihat-lihat website di bawah ini, Anda akan segera mengetahui jasa apa yang banyak dibutuhkan dan berapa biaya yang siap dibayarkan untuk sebuah pekerjaan/project.

Jenis Jasa yang Banyak Dibutuhkan

Berikut adalah jenis-jenis jasa yang populer dan banyak dibutuhkan (high demand) sehingga jika Anda menguasai keahlian di bawah ini dan berminat untuk menjalankan bisnis jasa, order Anda tidak akan pernah sepi:
  1. Desain grafis: meliputi desain logo, banner, website, brosur, packaging produk, website header, dan masih banyak lagi.
  2. Pembuatan website: yang mencakup website statis, website dinamis dengan database, website dengan Wordpress, Joomla, atau Drupal, atau dengan Content Management System lainnya.
  3. Coding/pemrograman software atauscript : meliputi segala macam bentuk software, mulai dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks. Banyak orang berpikir bahwa software yang dijual oleh perusahaan dari negeri Paman Sam dibuat oleh orang Amerika juga. Padahal, banyak yang dialihdayakan (outsourcing) ke programmer lokal di Eropa Timur atau India.
  4. Penulisan artikel. Semua website membutuhkan content/isi agar memberikan value/manfaat bagi visitor. Artikel adalah salah satu content yang sering dicari. Namun, banyak orang tidak bisa atau tidak sempat membuat artikel sendiri sehingga membutuhkan orang yang mampu menulis sesuai dengan permintaan. Biaya penulisan artikel dengan isi400-600 kata biasanya berkisar antara US$ 6 sampai US$ 20. Seorang penulis artikel profesional bisa menulis 10-15 artikel per hari.
  5. Copyrigh/writing. lni adalah jasa pembuatan sales letter atau tulisan yang bertujuan menyakinkan orang untuk membeli sesuatu. Menjadi copywriter yang andal memerlukan skill, pembelajaran yang intensif, dan jam terbang yang cukup. Itulah sebabnya seorang copywriter yang bisa menulis tiga halaman sales letter yang bagus dan hanya mengenakan biaya US$ 1.000 dianggap murah. Copywriter top biasa dibayar US$ 20.000 - US$ 30.000 per sales letter yang dibuat.
  6. Pembuatan transkrip. Pemberi pekerjaan memberikan rekaman audio/video ke penyedia jasa transkrip yang akhirnya akan menghasilkan teks kata demi kata dari rekaman tersebut.
  7. Penerjemahan. Permintaan akan jasa ini sangat tinggi karena saat ini banyak orang ingin membuat website, e-book, artikel, dan sajian informasi lainnya dalam berbagai bahasa.
  8. Melakukan SEO atau Search Engine Optimization. Jasa ini sangat dibutuhkan oleh pemilik website untuk meningkatkan peringkat website-nya di search engine berkaitan dengan kata kunci/ keyword tertentu. Capaian yang diinginkan biasanya adalah halaman 1 di search engine. Kalau Anda memiliki keahlian ini, pasar Anda adalah seluruh dunia karena semua pemilik website menginginkan hal ini.
  9. Pengelolaan iklan PPC. Jasa ini mulai banyak dibutuhkan seiring dengan semakin efektifnya iklan PPC (Pay Per Click) dalam mendatangkan customer. Banyak yang punya website tidak mau repot belajar memasang iklan PPC secara efektif dan efisien. Jika memiliki keterampilan ini, Anda bisa mengelola klien perusahaan atau individu dalam menggunakan iklan PPC di Google Adwords, Yahoo Search Marketing, dan MSN Ad Center.
Sebetulnya masih banyak jasa yang dibutuhkan orang di internet. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset lebih jauh di beberapa outsourcing marketplace yang kami sebutkan di atas. Melalui riset ini, Anda juga bisa melihat tren kebutuhan dari bisnis outsourcing. Model bisnis yang termasuk dalam kategori lainnya akan kita bahas pada materi selanjutnya.
.:[Close][Klik 2x]:.
 Kekuatan Berfikir Positif 
Bos Anda Tidak Akan Menjadikan Anda Kaya