Memilih Kategori Bisnis Di Internet Yang Tepat

Kategori Pilihan Untuk Bisnis Di Internet

Buat anda yang lagi mencari peluang bisnis di internet, kategori berikut bisa menjadi referensi dalam memilih model bisnis yang populer :











  • Menjual physical product atau produk berwujud melalui website Anda. Misalanya, buku, baju, lingerie, perhiasan, produk elektronik, CD musik, DVD film, obat-obatan Herbal, mainan anak-anak, video games, furnitur, dan masih banyak lagi yang bisa di jual di dunia maya. Produk yang bisa di jual boleh jadi merupakan hasil produksi Anda sendiri ataupun produk dari teman atau tetangga anda. Jadi, dalam model bisnis ini, Anda menerima sebuah order yang masuk, melakukan pengecekan pembayaran, lalu mengurus pengiriman barang ke pembeli. Model seperti ini sering kali disebut online store! toko online. Website Anda menjadi toko untuk memajang foto produk yang akan Anda pasarkan untuk di jual. Contoh sukses model bisnis ini adalah Amazon.com yang merupakan online store terbesar di dunia.
    Sudah website yang saat ini telah berhasil menjual produk-produknya lewat Online seperti Bay.com yang merupakan e-commerce website terbesar di dunia yang dikunjungi oleh jutaan visitor setiap harinya. Sudah banyak orang yang bisa mendapatkan omzet besar hanya dengan memajang foto produknya website ini. Jika berorientasi ekspor sehingga mengarah pada business to business (B2B), Jika anda memiliki produk yang berkualitas maka cocok Anda pajang di portal perdagangan besar, seperti AliBaba.com atau GlobalSources.com.









  • Menjual e-book (buku elektronik). Maksudnya adalah buku dalam bentuk file (Yang pada umumnya berbentuk format PDF) yang bisa dibaca melalui komputer atau PDA serta bisa dicetak (print). Inilah salah satu jenis bisnis yang sudah populer semenjak tahun 2000. Anda bisa menemukan berbagai macam e-book dengan topik yang beragam, seperti kesehatan, Tutorial Budidaya, saham, real estat, parenting, golf, bisnis, forex, dan masih banyak lagi yang lainnya. Menghasilkan uang dari internet, banyak cara dan ragamnya. Menjual e-book merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan karena Anda tidak selalu mengeluarkan biaya produksi.

    Menjual multimedia course. Ini adalah bentuk lebih maju dari e-book dan kini telah menjadi tren. Multimedia course yang menyertakan video dan audio dianggap membuat penjelasan menjadi lebih mudah daripada hanya tulisan saja. Oleh sebab itu, harga multimedia course biasanya lebih tinggi dibandingankan dengan e-book. Produknya jenis ini berupa DVD atau CD, akan tetapi juga banyak yang hanya di-download (dalam format MP3, Flash, MP4, dan lain sebagainya).

    Cara tersebut membuat penjual hampir tidak mengeluarkan biaya produksi serta lebih disukai pembeli karena bersifat instan, tidak butuh waktu berminggu-minggu  untuk pengiriman, dan tidak perlu biaya biaya pengiriman. Hal ini tidaklah suatu hal yang asing lagi di negara maju bahkwan di Indonesia senidri, yang memiliki koneksi internet sangat cepat dan tidak terbatas. Menjual Software. Software merupakan salah satu produk yang paling banyak dibeli melalui internet. Produk yang dikeluarkannya sangat luas ruang lingkupnya, mulai dari Software untuk mengatasi permasalahan komputer sehari-hari (seperti antivirus, antispyware, antispam, firewail), untuk belajar bahasa asing (termasuk translator dan kamus), untuk pemasaran dan berbisnis di internet, dengan mengirim email ke banyak orang, untuk audio-editing, hingga untuk menghitung kalori makanan bagi penderita diabetes. 

    Anda tidak perlu pintar membuat program/Software untuk melakukan model bisnis ini? Jawabannya TIDAK PERLU. Kebanyakan yang menjadi pelaku model bisnis ini bukanlah developer/programmer itu sendiri, melainkan para marketer. Mereka yang memiliki ide mengenai suatu Software, mencari orang yang profesional untuk bisa membuatnya, dan setelah selesai barulah akhirnya menjualnya. Seorang marketer (pemasaran) yang cerdas akan menjual Software yang dikenai biaya secara periodik, entah itu per bulan maupun per tahun. Misalanya, ada biaya up-dating data setiap tahun supaya Software antivirus ini bisa terus berjalan dengan baik. Model bisnis ini bisa dibilang cerdas karena upaya penjualan hanya perlu dilakukan satu kali, akan tetapi omzetnya bisa terus mengalir secara pasif.

    Menjual akses keanggotaan/Membership. 

    Dalam model bisnis jenis ini merupakan bisnis internet yang sedang tren di internet ini, customer tidaklah membeli produk/ jasa, akan tetapi yang dibeli adalah hak akses keanggotaan. Dalam bisnis konvensional, yang populer adalah membership untuk golf, tempat olahraga/ fitness, asosiasi/klub, dan lain-lain. Selama menjadi anggota, Anda mendapat hak privilege untuk mengakses fasilitas yang tersedia. Sedangkan dalam bisnis internet, yang biasanya diberikan adalah akses informasi baru yang bernilai bagi anggota secara berkelanjutan. Membership site bisa dibuat untuk bidang apa saja, seperti peningkatan karier, hobi, kesehatan, sales, marketing, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, dengan keikutan sebagai membership site untuk penurunan berat badan (weight loss), anggota mungkin mendapatkan akses informasi tentang soal ini secara bertahap dari minggu ke minggu. Anggota bisa juga memasukkan data vital mereka sehingga kemajuannya dapat dimonitor oleh pembuat membership. Jika member mendapatkan kepuasan dan merasa memperoleh manfaat dari informasi serta konsultasi yang diberikan, maka anggota tersebut tentu akan memperpanjang keanggotaannya setiap bulan atau tahun. Dari sisi pembuat, hal ini sangat bagus karena dia bisa memperoleh omzet yang berkelanjutan.
    Ping Blog Search | Add Url | Bing Master | Site Value | Seo Jerman