Definisi, Makna Visual, Perilaku Pendukung, Tim Yang Sinergis, Bertindak Penuh Tanggung Jawab, Menghadapi Tantangan dan Mewujudkannya, Perbaikan Terus Menerus, Cara Hidup Kita, Memberikan Nilai Tambah Pada Semua Pihak Terkait

NILAI INTI

1. TIM YANG SINERGIS
Tim yang sinergis

Definisi : 
Kita, tim yang mengutamakan tujuan bersama dan secara sungguh-sungguh berkomitmen untuk saling melengkapi, menghargai satu sama lain, bekerja dengan antusias dan kompak, untuk mencapai hasil yang berlipat ganda, sehingga menjadi TIM PEMENANG dan ORGANISASI UNGGUL  

Perilaku Utama (Perilaku yang Mendukung)  : 

  1. Antusias dan bersemangat dalam menerima dan menyelesaikan setiap penugasan tim
  2. Menetapkan dan menjalankan komitmen bersama dalam lingkup Tim/Organisasi
  3. Menciptakan kekompakan dan menjaga suasana yang kondusif dalam bekerja sama untuk mencapai produktivitas kerja yang tinggi
  4. Berbagi ilmu dan pengetahuan untuk kemajuan bersama
  5. Mengapresiasi teman/rekan kerja yang memberikan kontribusi kerja yang terbaik 
Makna Visual : 


Aktifitas Pitstop yang terintegrasi, dimana ada Operator dan Mekanik dalam Tim guna memeriksa unit, dan ada GL yang mengawasi aktifitas kerja  

2. BERTINDAK PENUH TANGGUNG JAWAB

Definisi : 
Kita, tim yang memiliki integritas (sesuai antara kata dan perbuatan, sepenuh hati, jujur, disiplin, memegang teguh nilai etika kerja dan etika bisnis), dan bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban secara tuntas serta senantiasa memberikan keteladanan dalam setiap tindakan.


Perilaku Utama (Perilaku yang Mendukung)  : 
  1. Melakukan pengembangan diri dan bawahannya
  2. Mengarahkan dan menegakkan hal yang benar serta mampu mencegah terjadinya kesalahan
  3. Bekerja penuh semangat di tengah keterbatasan (situasi dan kondisi) untuk mencapai hasil lebih tinggi dari target yang telah ditetapkan.
  4. Melakukan evaluasi secara berkala terhadap target pekerjaan yang diberikan.
  5. Menjadi teladan bagi orang lain dengan menunjukkan integritas dan usaha keras mencapai tujuan tim/organisasi
  6. Menjalankan Etika Bisnis dan Etika Kerja (EBEK) secara konsisten
Makna Visual : 

Kegiatan P5M atau VIP merupakan media yang untuk berkoordinasi mengenai pekerjaan yang selalu dilakukan sebelum beraktifitas 
Bagi atasan sebagai bentuk tanggung jawab dalam memastikan timnya bekerja dengan efektif. Bagi peserta P5M merupakan rasa tanggung jawab dari setiap karyawan dalam menyelesaikan tugasnya. 

3. SIAP MENGHADAPI SETIAP TANTANGAN DAN MEWUJUDKANNYA
Siap Menghadapi Tantangan

Definisi : 
Kita, tim yang proaktif, siap siaga, fleksibel dan tuntas dalam menghadapi setiap tantangan, perubahan dan kompetisi, memiliki sikap ulet  mencari peluang baru serta pantang menyerah dalam mewujudkannya menjadi kenyataan  

Perilaku Utama (Perilaku yang Mendukung)  : 
  1. Membuat perencanaan yang matang untuk mengantisipasi maupun menghadapi setiap tantangan
  2. Mencari peluang baru untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi
  3. Bekerja dengan target yang menantang
  4. Mampu beradaptasi pada semua situasi kerja
  5. Pantang menyerah dalam menyelesaikan tugas hingga tuntas
  6. Menampilkan semangat berkompetisi untuk menjadi yang terbaik
Makna Visual : 
Seorang GL memastikan tercapainya target dan mempunyai keyakinan dalam dirinya bisa mencapai tantangan. Contohnya untuk meningkatkan Life Time komponen dari 16.000 HM menjadi 36.000 HM.

4. PERBAIKAN TERUS MENERUS


Definisi : 
Kita, tim yang mengutamakan kinerja berkualitas unggul, selalu meningkatkan kreatifitas dan daya inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk peningkatan keberhasilan, serta bertekad untuk secara serentak mengimplementasikan perbaikan dan inovasi pada seluruh organisasi 
Perilaku Utama (Perilaku yang Mendukung)  : 
  1. Memastikan adanya rencana kerja yang handal
  2. Peka terhadap permasalahan yang muncul dan aktif mencari solusinya
  3. Mencari, merencanakan, mencoba, mengevaluasi dan melaksanakan cara baru  untuk hasil yang lebih baik
  4. Mempelajari kemajuan teknologi dan atau hal-hal baru lainnya untuk meningkatkan kreatifitas dalam memperbaiki proses dan hasil kerja.
  5. Memberikan penghargaan terhadap setiap gagasan kreatif yang memberi dampak positif di unit kerjanya dan organisasi
  6. Bersedia dengan segera mengimplementasikan inovasi pihak lain yang telah terbukti berhasil memberikan manfaat bagi organisasi

Makna Visual : 
Kegiatan berdiskusi yang membahas sebuah improvement project melalui Media QCC, QCP, SS, BPI, Nilai Inti, dll. 

5. K3LH ADALAH CARA HIDUP KITA

Definisi : 
Kita, tim yang konsisten dalam menjalankan standard K3LH dan Good Mining Practice untuk mencapai sasaran perusahaan dengan selalu menjaga kesehatan dan keselamatan diri, orang lain serta lingkungan dalam setiap perbuatan dan tindakan  
Perilaku Utama (Perilaku yang Mendukung)  : 

  1. Menjalankan segala usaha untuk menciptakan terwujudnya Behaviour Based Safety (BBS)
  2. Menjalankan pola hidup yang sehat untuk menciptakan kesehatan dan keselamatan kerja (menghindari fatigue)
  3. Menyadari adanya resiko terjadinya kecelakaan kerja untuk menghindari terjadinya insiden
  4. Menjalankan aktifitas operasional di lapangan  sesuai dengan semua aturan K3LH
  5. Proaktif untuk melaporkan potensi bahaya serta berupaya mencegah dan mengurangi dampak negatif dari insiden sekecil apapun
  6. Menegur dan mengingatkan setiap karyawan yang bekerja tidak sesuai dengan aturan/prosedur K3LH
  7. Melakukan hal-hal untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan hidup
  8. Aktif mendukung dan melakukan program penghijauan serta program ramah lingkungan lainnya
  9. Melakukan penghematan sumber daya yang ada

Makna Visual : 
Implementasi Good Mining Practice ditunjukkan dengan unit yang jalan beriringan dengan jarak aman dan di dalamnya ada operator yang menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. Kepedulian dengan lingkungan ditunjukkan dengan karyawan yang sedang menanam pohon  

6. MEMBERIKAN NILAI TAMBAH PADA SEMUA PIHAK TERKAIT

Definisi : 
Kita, tim yang peka dan tanggap atas kebutuhan pelanggan melalui kemitraan yang saling menguntungkan serta memberikan manfaat dan makna demi mewujudkan upaya kepuasan semua pihak terkait 
Perilaku Utama (Perilaku yang Mendukung)  : 
  1. Peka dan tanggap atas kebutuhan pelanggan untuk mewujudkan kepuasan pelanggan
  2. Melakukan evaluasi berkala dengan pihak pemasok (vendor) untuk membangun kemitraan yang saling menguntungkan
  3. Menerapkan Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) yang baik, termasuk melaksanakan Good Mining Practice
  4. Mendukung dan terlibat program-program CSR yang efektif
  5. Menjadi teladan bagi anggota masyarakat di lingkungannya
  6. Memberikan keunggulan manfaat  yang unik bagi pelanggan (competitive advantages) 
Makna Visual : 
Penggunaan kemajuan teknologi yang digunakan PAMA dalam rangka mengoptimalkan proses penambangan yang dilakukan di lapangan serta memberi Nilai Tambah pada proses berikutnya.  

Ping Blog Search | Add Url | Bing Master | Site Value | Seo Jerman